Kamis, 03 November 2016

Digital Jadikan Infrastruktur Penting di Pariwisata Indonesia

Arief Yahya seorang Menteri Pariwisata Republik Indonesia telah mengatakan bahwasannya dunia digital ini akan menjadi sebuah infrastruktur yang penting di dalam pengembangan dan juga pengelolaan industri ataupun bisnis pariwisata yang ada di Indonesia. Ada salah satu hal yang saat ini tengah dikembangkan merupaan pemerintahan Indonesia yaitu ITX atau Indonesia Tourism exchange.

ITX adalah platform digital market atau tempat pemasaran yang memang berhubungan demand dengan supply yang ada di dalam ekosistem pariwisata. “untuk pariwisata yang bernama ITX, atau Indonesia Tourism exchange. Itu merupakan sebuah market place yaitu sebuah pasar digital yang telah mempertemukan buyer ataupun pembeli dan juga seller yaitu penjualnya. So, nanti dari semua travel agent, airlines, dan juga akomodasi akan kita kumpulkan semua. Maka silahkan untuk bertransaksi,” jelas Arief di dalam sebuah acarapenutupan yang ada di Bandung ICT expo seperti yang sudah dilansir dalam liputan6.com pada hari Selasa, 01/11/2016.

Lanjuit Arief di dalam 1 bulan ITX sudah diluncurkan sebanyak 5.100 hotel yang terdaftar di dalam aplikasi ini. diapun juga sudah mentargetkan ada 11.000 lebih hotel didaftarakan di ITX di yahun ini, jadi akan sangat mudah sekali transaksi OTA atau Online Travel Agent yaitu dengan platform ITX. Aplikasi itu akan disediakan oleh pihak Telkom dan juga pdaat digunakan di dalam perangkat smartphone.

ITX telah ditargetkan akan beroperasi dengan penuh di triwulan II tahun 2017 mendatang. Dari Aarief telah menabahkan dengan aadanya digital seperti yang ada di Indonesia akan dapat bersaing dengan dunia global, dikarenakan ada 70% industri pariwisata dunia ternyata sudah menggunaan digital.

“Bangsa itu dapat bersaing di ekonomi kreatif, khususnya di digital. Semakin digital akan semakin global soalnya. Teori itupun akan praktek membuktikan tersebut. kalaupun kita menginginkan menjadi global player memang harus enggunakan golba standar,” jelas Arief.

Sejalan dengan hal adanya visi pemerintah pusat, pemerintah sebuah Porvinsi Jawa Barat kini akan terus berupaya agar bisa meningkatkan sebuah peran ICT ataupun Teknologi Informasi dan juga Komunikasi tak hanya di dalam dunia pariwisata tapijuga di dalam mewujudkan dari tata kelola pemerintah & pelayanan public.

http://ruangkabar.com/kabar-ekonomi-digital-jadikan-infrastruktur-penting-di-pariwisata-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar